Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman

Kami menyambut dengan hangat para pengunjung situs resmi Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, STAI Muhammadiyah Tulungagung. Semoga kehadiran situs ini dapat membantu pengunjung untuk lebih mengenal Prodi S1 PGMI STAI Muhammadiyah Tulungagung. Kami juga berharap informasi yang disampaikan di sini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya.

Terkait dengan Program Studi S1 PGMI STAI Muhammadiyah Tulungagung, kami ingin menyampaikan bahwa program kami telah meraih akreditasi Baik dari BAN-PT NO. 7003/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/X/2022 berlaku sampai 29 November 2025 sebuah pencapaian yang terus kami upayakan untuk ditingkatkan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berada di bawah naungan STAI Muhammadiyah Tulungagung. Program studi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat akan tenaga pendidik, peneliti, praktisi, dan/atau edupreneur yang unggul di bidang pendidikan dasar. Selaras dengan nilai-nilai luhur STAI Muhammadiyah Tulungagung, Program Studi PGMI memiliki visi, misi dan tujuan untuk mencetak guru-guru yang tidak hanya mahir dalam mengajar mata pelajaran umum, tetapi juga mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran. Kami berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas dengan didukung oleh dosen-dosen yang kompeten, kurikulum yang relevan, serta fasilitas yang memadai. Tetapi juga sumber daya manusia yang memiliki karakter berpikir adaptif terhadap perubahan, baik di tingkat nasional maupun global.

Dengan berbagai upaya ini, kami berharap kepercayaan masyarakat terhadap Prodi S1 PGMI terus meningkat. Dan masih banyak informasi lain yang belum kami sampaikan, dan semuanya dapat anda temukan di dalam situs ini. Selamat menjelajah!

Terima kasih,

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Kepala Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

STAI Muhammadiyah Tulungagung

Dr. Faruuq Trifauzi, M.Pd.I

2

Menjadi prodi unggul yang menghasilkan sarjana di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, memiliki kemantapan akidah, berakhlak mulia, berwawasan luas dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan budaya pada tahun 2029.

  1. Mengantarkan mahasiswa Prodi PGMI yang memiliki kemantapan akidah, berakhlak mulia, berwawasan luas serta meiliki keunggulan kopentitif dalam persaingan global;
  2. Menyelenggarakan program pendidikan yang unggul dalam ranah ilmu keguruan yang dapat mengembangkan ketrampilan dan profesi di bidang pendidikan Guru MI;
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian keilmuan Pendidikan Guru MI khususnya yang tengah berkembang di masyarakat;
  4. Mengantarkan mahasiswa program studi PGMImampu merealisasikan ilmu pengetahuan teknologi dan budayadalam kehidupan sehari-hari melalui program Pendidikan Guru MI;
  5. Meningkatkan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui program pendidikan Guru MI bagi terwujudnya masyarakat madani.

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah salah satu program pendidikan tinggi yang berfokus pada pengembangan calon guru yang akan mengajar di madrasah ibtidaiyah (setara dengan sekolah dasar). Sejarah PGMI berawal dari kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, khususnya di tingkat ibtidaiyah, yang merupakan jenjang pendidikan dasar dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia. Prodi PGMI didirikan pada tahun 2019 berdasarkan SK No. 692/KPT/I/2019 dan Badan akreditasi perguruan tinggi Nasionall Nomor: 27/SK/BAN-PT/Min-Akred/VI/2019 kemudian dilaksanakan Akreditasi LAMDIK NO. 690/SK/LAMDIK/Ak-PNB/S/VI/2024 dan berlaku sampai 11 Desember 2027 yang saat ini dalam naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Ahmad Dahlan Probolinggo. Program Studi PGMI terus berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan zaman, termasuk dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pendidikan dan pengajaran. Saat ini, PGMI menjadi salah satu program studi yang penting dalam mencetak guru-guru madrasah ibtidaiyah atau guru-guru sekolah Dasar yang profesional dan berintegritas Selain itu, Prodi PGMI juga memiliki berbagai program yang berfokus pada inovasi di bidang akademik dan non-akademik, sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah ditetapkan.

  1. Guru Sekolah Dasar
  2. Guru Madrasah Ibtidaiyah
  3. Kepala Madrasah/ pengelolah lembaga pendidikan
  4. Pengembang Kurikulum
  5. Fasilitator Pendidikan
  6. Tutor
  7. Dosen
  8. Konsultan Pendidikan anak
  9. Pegawai Negeri Sipil
  10. Peneliti
  11. Penulis Buku parenting/ Materi Pendidikan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi khusus dalam bidang pendidikan dasar. Dengan kompetensi tersebut lulusan PGMI diharapkan siap menjadi guru yang profesional, berintegritas, dan mampu berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan pendidikan di madrasah ibtidaiyah yakni:

  1. Kompetensi Pedagogik
  • Menguasai konsep, prinsip, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa di tingkat madrasah ibtidaiyah.
  • Menyusun rencana pembelajaran yang terstruktur, termasuk penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam.
  • Menggunakan berbagai strategi dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
  • Melakukan evaluasi pembelajaran secara komprehensif untuk menilai perkembangan siswa, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
  1. Kompetensi Profesional
  • Menguasai ilmu-ilmu dasar yang diajarkan di madrasah ibtidaiyah, termasuk Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan sebagainya.
  • Menguasai materi Pendidikan Agama Islam, meliputi Al-Qur’an dan Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.
  • Mampu mengaitkan materi pelajaran dengan nilai-nilai keislaman serta mengintegrasikan konsep-konsep Islam dalam pengajaran.
  1. Kompetensi Kepribadian
  • Memiliki sikap profesional, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.
  • Menunjukkan akhlak mulia, kesabaran, dan kebijaksanaan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam proses pendidikan.
  • Menjadi teladan dalam hal akhlak dan etika Islam, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
  1. Kompetensi Sosial
  • Mampu berkomunikasi dengan siswa, rekan sejawat, orang tua siswa, dan masyarakat dengan baik.
  • Mampu berkolaborasi dan bekerja sama dalam tim, baik di lingkungan sekolah maupun dalam komunitas pendidikan yang lebih luas.
  • Memiliki kepekaan sosial dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang beragam.
  1. Kompetensi Spiritual
  • Memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam dan mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mampu membimbing siswa dalam aspek spiritual dan membantu mereka mengembangkan karakter yang sesuai dengan ajaran Islam.
  • Menjadi role model yang konsisten dalam menjalankan ajaran Islam dalam konteks pendidikan dan sosial.

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Suprihno, M.Pd
Moch. Rizal Fuadiy, M.Pd.I.Si
Dr. Faruuq Trifauzi, M.Pd.I
Arista Ika Widiyati, M.Pd.I
M. Abdilah Subhin, M.Pd.I