
STAIMTA.AC.ID – Tulungagung, 17 April 2025
Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah (STAIM) Tulungagung menyelenggarakan kegiatan pendampingan re-akreditasi dan perpanjangan program studi untuk Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI), yang berlangsung selama dua hari pada 16–17 April 2025. Kegiatan ini dipusatkan di ruang pertemuan lantai 2 STAIM dan menghadirkan narasumber dari Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Turut hadir sebagai narasumber utama, Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. dan Dr. Muhammad Fazlurrahman Hadi, Lc., M.Pd.I., yang memberikan pendampingan teknis dan strategis guna mempersiapkan akreditasi yang unggul bagi kedua program studi.
Materi pendampingan meliputi beberapa poin penting, antara lain:
Pemetaan syarat perlu LAMDIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan)
Pendampingan penyusunan LED dan DKPS (Laporan Evaluasi Diri dan Data Kinerja Program Studi)
Pendampingan aspek pendukung, seperti penjaminan mutu internal, publikasi ilmiah, dan strategi peningkatan luaran akademik
Workshop peninjauan visi keilmuan Prodi PGMI dan PAI
Peninjauan dan penyempurnaan kurikulum dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE), sebagai bentuk transformasi kurikulum berbasis capaian pembelajaran (learning outcomes) yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan keilmuan mutakhir
Kegiatan ini diikuti secara aktif oleh Ketua STAIM beserta Wakil Ketua, tim Task Force Borang LED Prodi PGMI dan PAI, Kepala Pusat Penjaminan Mutu, para Kaprodi PGMI, PAI, dan Ekonomi Syariah, serta Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pengembangan Dakwah Islam.
Sebagai bentuk akuntabilitas dan dokumentasi resmi, kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan berita acara kegiatan oleh masing-masing perwakilan program studi dan narasumber.
Dengan terlaksananya kegiatan ini, STAIM Tulungagung menunjukkan keseriusannya dalam membangun mutu akademik secara berkelanjutan dan adaptif terhadap standar pendidikan tinggi modern, khususnya dalam penguatan kurikulum berbasis OBE yang menitikberatkan pada kualitas lulusan.